Pages

Labels

Saturday, March 29, 2014

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Istilah basisdata dapat di katakan sebagai lemari arsip atau penyimpanan data. Istilah basisdata terdiri dari dua kata basis dan data. Basis adalah markas atau gudang, tempat bersarang/berkumpul. Dan data adalah representasi fakta dunia nyata mewakili suatu obyek (seperti, manusa: dosen, mahasiswa, pelanggan,dll: barang: buku,meja; peristiwa, konsep, dsb), yang di rekam baik dalam bentuk angka, huruf, teks, gambar atau suara.
Sebagai contoh, basisdata dan lemari buku memiliki prinsip dan tujuan yang sama yaitu pengaturan, kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan suatu objek. Pengaturan yang dilakukan pada lemari buku merupakan pengaturan secara manual di mana pengaturan tersebut dapat diaplikasikan dalam ke dalam suatu data abstrak yang berisi karakteristik dari suatu buku dan disimpan didalam suatu basis data atau tempat penyimpanan data atau file. Sehingga perbedaannya ada pada media penyimpanannya.
Basis data menggunakan media penyimpanan elektronis sedangkan buku menggunakan lemari untuk media penyimpanannya. Perbedaan ini akan mengakibatkan perbedaan-perbedaan lainnya seperti jenis metode/cara yang digunakan dalam upaya penyimpanan atau jumlah yang akan disimpan.
Sebuah basis data dapat dipandang sebagai suatu jenis filing cabinet elektronik yang disebut juga sebuah tempat penyimpanan untuk files data yang terkomputerisasi.

B.     Rumusan Masalah
a.       Apa itu Basisdata (database) menurut para ahli?
b.      Apa saja perangkat lunak dari basisdata (database)?
c.       Jelaskan cara instalasi dari perangkat lunak basisdata (database)!
d.      Apa kelebihan dan kekurangan dari perangkat lunak basisdata (database) yang di paparkan?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Agar dapat mengetahui dan memahami pengertian dari basisdata (database) menurut para ahli.
2.      Agar dapat mengetahui dan memahami macam-macam perangkat lunak basisdata (database).
3.      Agar dapat mengetahui dan memahami proses instalasi perangkat lunak basisdata (database).
4.      Agar dapat menganalisis kekurangan dan kelebihan dari masing-masing perangkat lunak basis data (database).



No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About